Apa itu cache dan cara menghapus cache

Ketika menggunakan browser dan mengakses website istilah “cache” sering kita jumpai, namun Apa itu cache dan cara menghapus cache? Artikel ini akan membahas mengenai cache, mulai dari definisi, kelebihan dan kekurangan, dan cara menghapus cache.

Apa Itu cache

Mengutip dari Wikipedia, Cache adalah komponen perangkat keras maupun perangkat lunak yang menyimpan data agar permintaan di masa mendatang untuk data tersebut dapat dilayani dengan lebih cepat.

Keuntungan Menggunakan Cache

Pada umumnya, Cache digunakan untuk memercepat akses ke suatu komponen. Misalkan, sebuah website memiliki file CSS yang diimport. Pada kasus ini, browser akan menyimpan file CSS tersebut sebagai Cache, agar file tersebut dapat lebih cepat diakses.

Manfaat lainnya dari penggunaan cache adalah untuk menghemat penggunaan data internet. Dengan menggunakan cache, browser tidak perlu mengakses dokumen atau file yang sama secara berulang-ulang sehingga dapat menghemat penggunaan data internet.

Kekurangan Cache

Selain beberapa keuntungan menggunakan Cache, ada pula beberapa kekurangan dari penggunaan cache.

Kekurangan pertama adalah penggunaan cache memakan ruang pada komputer. Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan Cache memerlukan ruang pada komputer untuk menyimpan file agar dapat diakses di kemudian waktu secara cepat.

Kekurangan kedua adalah, terkadang website menjadi tidak terupdate karena browser membuka versi cache dibandingkan dengan live version dari suatu website. Salah satu contoh kasusnya adalah ketika terjadi perubahan pada file CSS. Ketika file CSS berubah, terkadang tampilan website tidak berubah karena CSS yang digunakan browser adalah CSS hasil simpanan Cache. Cara menanggulangi hal ini adalah dengan menghapus cache yang ada di browser.

Cara menghapus Cache

Cache dapat dihapus melalui browser. Pada umumnya hal ini dilakukan dengan mengakses halaman histori pada browser (Misalnya dengan menekan tombol Ctrl+H pada Chrome). Untuk pengguna Chrome tersedia tombol “Clear Browsing Data”. Setelah mengeklik tombol tersebut, pengguna dapat memilih data apa yang akan dihapus, mulai dari cookie, history, dan lain sebagainya, termasuk Cache.

Kesimpulan

Cache sendiri berfungsi agar suatu komponen dapat diakses dengan lebih cepat dikemudian waktu. Cache memiliki beberapa keuntungan dan kekurangan dalam penggunaannya. Beberapa keuntungan penggunaan cache adalah akses yang lebih cepat dan hemat data internet. Sementara itu kekurangan dari Cache adalah penggunakan ruang atau space pada komputer dan tidak terupdatenya website. Cache sendiri dapat dihapus melalui browser.

Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *