Cara Custom Domain Google Cloud Platform

Google Cloud Platform (GCP), atau yang juga dikenal dengan sebutan GCP, adalah layanan komputasi awan milik Google. GCP sendiri berjalan pada infrastruktur yang sama dengan layanan google lainnya, seperti misalnya YouTube, Google Search Engine, GMail, dan lain sebagainya. Google sendiri merilis Google Cloud Platform pada 7 April 2008, atau kurang lebih 13 tahun lalu sejak artikel ini ditulis.

Google Cloud Platform sendiri cukup umum dipilih sebagai production server bagi banyak perusahaan, maupun individu atau pribadi. Pada dasarnya, akses ke Google Cloud Platform dilakukan dengan mengakses IP yang tersedia di layanan GCP.

Mengakses situs melalui alamat IP tentunya bukanlah hal yang nyaman untuk dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan nama domain untuk memermudah akses ke situs website. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara mengintegrasikan google cloud platform dengan custom domain.

Integrasi Google Cloud Platform (GCP) dengan Custom Domain menggunakan A Record

Time needed: 3 minutes.

Pada bagian ini, akan dibahas cara mudah menghubungkan IP Server GCP dengan domain dari devs.id. Pastikan anda sudah memiliki akun dan domain di devs.id. Pastikan juga anda sudah IP Public nya, baik itu IP Static (statis) maupun IP Dynamic (dinamis).

Perlu diingat bahwa sangat disarankan bagi anda untuk memiliki IP Static, sehingga anda tidak perlu rutin mengupdate A Record.

  1. Login ke akun devs.id

    devs.id manage domain dns
    Login ke akun devs.id anda, kemudian klik Manage dan klik DNS Manager

  2. Klik Add Record
    add record devs.id button

    Klik Add Record untuk menambahkan A Record

  3. Isi form Add DNS Record
    devs.id add a record

    Isi form Add DNS Record dengan konfigurasi yang kurang lebih seperti diatas. Perlu diingat bahwa settingan tersebut dapat berbeda tergantung keinginan anda. Berikut penjelasan detailnya.

    Type: Silakan pilih “A”
    Name: Ketik @ jika anda ingin menghubungkan root domain anda ke server. Jika ingin menghubungkan sebagai subdomain, silakan ketikan nama yang anda inginkan.
    Content: Harap isi dengan IP Server anda
    TTL: Dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Secara default, nilainya 300.

    Kemudian klik add.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut. Silakan kunjungi domain devs.id anda. Jika belum berhasil, harap buka kembali alamat domain anda dalam 5-30 menit, karena terkadang proses Update DNS memerlukan waktu.

Sekian panduan Integrasi Custom Domain dengan Google Cloud Platform, semoga panduan ini bermanfaat bagi anda sekalian.

Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *