Cara Membuat Subdomain

Subdomain sering kita temukan dalam berbagai macam situs yang ada di internet. Pada artikel, devs.id  akan membahas mengenai Cara Membuat Subdomain secara mudah, dilengkapi penjelasan langkah demi langkah cara membuat dan mengintegrasikan subdomain.

Apa itu subdomain?

Subdomain adalah suatu sub bagian dari suatu domain utama. Misalnya, jika domain utama adalah example.com, maka slaah satu contoh subdomain yang dapat dibuat adalah subdomain.example.com.

Mengapa menggunakan subdomain?

Subdomain dapat digunakan untuk mengelompokkan konten yang berbeda, sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses konten tersebut. Misalnya, jika kita memiliki sebuah blog dan sebuah toko online, kita dapat membuat subdomain blog.example.com dan shop.example.com untuk mengelompokkan konten tersebut. Dengan begitu, pengguna dapat dengan mudah mengakses konten tersebut dengan mengunjungi blog.example.com dan shop.example.com.

Apa saja yang harus diperhatikan saat membuat subdomain?

Saat membuat subdomain, kita harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:

  1. Subdomain harus memiliki domain utama yang sama dengan domain utama yang dimiliki. Misalnya, jika subdomain yang akan dibuat adalah subdomain.example.com, maka domain utama yang dimiliki adalah example.com. Pastikan anda sudah memiliki domain utama tersebut.
  2. Pastikan anda sudah memiliki hosting, server, ataupun layanan pihak ketiga yang akan diintegrasikan dengan subdomain yang akan dibuat.

Cara Membuat Subdomain

Sebelum memulai, pastikan anda sudah memiliki domain utama dan hosting, server, atau layanan pihak ketiga yang akan diintegrasikan dengan subdomain yang akan dibuat.
Untuk contoh ini, saya akan menggunakan IP Address 205.166.94.16 (sdf.org) sebagai ip address yang akan dihubungkan dengan subdomain.
Penggunaan IP Address ini hanyalah contoh saja, anda dapat menggunakan IP Address yang anda inginkan atau anda juga dapat menggunakan DNS record lainnya, seperti misalnya CNAME, A, NS, dan lain-lain.
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat subdomain:
  1. Silakan menuju ke DNS Manager untuk domain anda di devs.id
  2. Klik Add Record
    add record devs.id subdomain button
  3. Kemudian, isi Name sesuai dengan nama subdomain yang hendak anda buat, untuk contoh ini akan digunakan nama sdf. Untuk type, sesuaikan dengan tipe DNS Record yang akan anda gunakan, untuk contoh ini akan digunakan A Record dengan IP yang tertera seperti di gambar.
    devs.id subdomain dns
  4.  Klik add untuk menambahkan record DNS baru.
  5. Proses pembuatan subdomain sudah selesai. Untuk contoh ini, subdomain dapat diakses di http://sdf.theoldnet.devs.id

 

Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *