Cara Mengaktifkan HTTPS di CPanel

Cara Mengaktifkan HTTPS di CPanel sendiri sebenarnya cukup mudah dilakukan, hanya dalam hitungan menit. Bagi pengguna CPanel, biasanya sudah ada menu untuk mengaktifkan SSL menggunakan SSL dari Let’s Encrypt SSL. Pada artikel ini, akan dibahas cara mengaktifkan SSL di website melalui CPanel.

Apa itu HTTPS

HTTPS adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure. Mirip dengan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol), hanya saja lebih aman (secure). HTTPS adalah protokol komunikasi yang dienkripsi dengan TLS (Transport Layer Security) ataupun Secure Socket Layer (SSL).

Apakah HTTPS Berbayar

Pada umumnya, untuk memiliki sertifikat SSL, dikenakan biaya yang bervariasi, tergantung dari penyedia SSL Certificate. Walaupun pada umumnya berbayar, ada juga beberapa penyedia layanan SSL yang menyediakan layanannya secara gratis. Beberapa contohnya adalah Cloudflare dan Let’s Encrypt SSL. Pada artikel ini akan dibahas langkah-langkah mengaktifkan HTTPS pada Website dengan menggunakan SSL dari Let’s Encrypt SSL.

Cara Mengaktifkan HTTPS di CPanel

Time needed: 5 minutes.

Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan anda sudah memiliki hosting dengan control panel CPanel. Kemudian pastikan juga terdapat menu Let’s Encrypt™ SSL.

  1. Login ke control panel CPanel anda

    Silakan login ke control panel CPanel anda. Pada umumnya, dapat diakses melalui port 2082 ataupun dengan path /cpanel

  2. Cari menu Let’s Encrypt™ SSL

    Setelah masuk ke dashboard akun CPanel anda, silakan cari menu Let’s Encrypt™ SSL. Klik menu tersebut.

  3. Klik Issue pada nama domain yang hendak anda aktifkan HTTPSnya

    Pada halaman Let’s Encrypt™ SSL, terdapat dua subjudul, yaitu “Your domains with Let’s Encrypt™ certificates” dan “Issue a new certificate”. Silakan menuju “Issue a new certificate” dan pilih domain yang hendak anda pasang SSL Certificate dengan mengeklik “Issue”.

  4. Pilih dns-01 sebagai SSL validation method

    Di bagian bawah, anda akan menemukan tulisan “Please choose an SSL validation method (all are automatic)”. Silakan pilih dns-01.

  5. Ceklis include wildcard

    Pada tabel domain, terdapat kolom “Include Wildcard*”, silakan ceklis pilihan tersebut untuk domain dan subdomain yang anda ingin aktifkan SSLnya.

  6. Klik tombol Issue

    Klik tombol Issue untuk memroses SSL. Silakan tunggu hingga keluar pesan bahwa SSL berhasil dipasang.

Sekian artikel mengenai cara mengaktifkan SSL (HTTPS) Pada website dengan CPanel. Terima kasih, semoga artikel ini dapat membantu.

Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *