Perbandingan Blogspot dan WordPress

Blogspot (Blogger) dan WordPress adalah dua platform blogging yang sangat populer saat ini, saking populernya, banyak yang bertanya-tanya mengenai Perbandingan Blogspot dan WordPress. Tentunya masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing dalam pengembangan dan pembuatan blog. Artikel ini akan membahas perbandingan antara blogger dan wordpress, secara spesifiknya, artikel ini akan membandingkan antara blogger dan wordpress.org.

Apa itu Blogger (Blogspot)

Blogger, atau yang terkadang disebut sebagai Blogspot, adalah salah satu platform blogging populer yang saat ini dikelola oleh Google. Blogger sendiri menyediakan nama domain secara gratis dibawah nama domain blogspot.com, sehingga blogger terkadang disebut sebagai blogspot.

Apa itu WordPress

WordPress adalah salah satu Content Management System yang sangat populer untuk blog. Terdapat dua jenis wordpress yang ada saat ini, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. WordPress.org sendiri memiliki fitur yang jauh lebih komplit dibandingkan WordPress.com, namun WordPress.org memerlukan server atau hosting pribadi untuk menjalankannya. Sementara WordPress.com sendiri tidak memerlukan server atau hosting pribadi karena secara otomatis sudah di jalankan di server wordpress.com. Secara fitur, WordPress.com tidak secanggih WordPress.org.

Perlu diingat bahwa artikel ini akan membahas mengenai WordPress.org, bukan WordPress.com.

Perbandingan Blogspot dan WordPress

Keunggulan dan Kelebihan Blogger (Blogspot)

Sebagai platform blogging yang sangat populer dan dikelola oleh Google, Blogger tentunya memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya diminati oleh para pembuat blog. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Gratis
    Dengan mempunyai akun Google, anda sudah dapat membuat blog secara gratis. Cukup dengan mengunjungi blogger.com dan login dengan akun google anda.
  • Proses Pembuatan Mudah
    Proses pembuatan blog tidak sampai 3 menit. Anda hanya perlu memilih nama domain dan theme, kemudian blog anda sudah dapat diakses. Theme juga dapat diedit dengan mudah di kemudian hari. Kontrol Panel Blogger juga sangat mudah digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya membuat postingan baru, membuat Halaman (Laman) baru, mengubah konfigurasi Blog, dan lain sebagainya.
  • Tidak Memerlukan Hosting atau Server Pribadi
    Blogger sendiri tidak memerlukan hosting atau server pribadi untuk berjalan. Blogger berjalan diatas server milik Google, sehingga pengguna dapat langsung menggunakan blogger tanpa perlu membeli hosting ataupun server secara terpisah.

Keunggulan dan Kelebihan WordPress

Sebagai Content Management System untuk Blog, WordPress sendiri sangatlah populer dan memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya diminati oleh para pembuat blog. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Gratis
    WordPress.org dapat digunakan secara gratis. Anda dapat mengunduhnya secara manual atau anda dapat menggunakan App Installer seperti contohnya Softaculous jika anda menggunakan CPanel.
  • Tersedia Banyak Plugin dan Template
    Banyak plugin dan template keren yang bisa anda gunakan untuk blog anda. Misalnya, anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO untuk mengembangkan SEO blog anda.
  • Dapat Dimodifikasi
    WordPress.org sendiri dapat dimodifikasi secara manual jika diperlukan.

Kekurangan Blogger (Blogspot)

Blogger juga memiliki beberapa kekurangan dan limitasi yang perlu diperhatikan oleh para membuat blog.

  • Kurang Fleksibel
    Blogspot sendiri sudah memiliki sistem baku untuk beberapa fiturnya, seperti misalnya format URL untuk pages dan posting. Berbeda dengan WordPress yang dapat diubah sesuai kebutuhan.
  • Tidak Tersedia Plugin
    Berbeda dengan wordpress, blogger tidak menyediakan plugin.

Kekurangan WordPress

WordPress.org sendiri juga memiliki beberapa kekurangan atau limitasi yang perlu anda perhatikan.

  • Memerlukan Hosting atau Server
    Untuk menginstall WordPress.org, diperlukan hosting ataupun server untuk menjalankannya. Hal ini tentunya memerlukan biaya tambahan.

Kesimpulan

Blogger (Blogspot) dan WordPress adalah dua platform blogging yang sangat populer. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya penggunaan kedua platform blogging ini harus disesuaikan dengan sumber daya yang ada dan tujuan dari pembuatan blog.

Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *